Warna yang mempengaruhi desain interior kantor - Jika Anda pernah menemukan warna yang cocok lalu Anda pikir sesuai untuk furnitur kantor Anda. Maka hal itu merupakan representasi dari perasaan Anda terhadap warna tersebut. Salah satu elemen yang diperlukan dalam desain interior kantor adalah pemilihan warna. Karena pada kenyataannya setiap warna memiliki arti dan dapat memberikan kesan tertentu.

Dengan memperhatikan teori-teori mengenai pemilihan warna untuk ruang kantor tentu saja sangat menunjang efektifitas kerja karyawan. Warna memiliki peran untuk membangun suasana ruang kantor serta untuk kenyamanan visual dan estetika ruang, efek psikologis warna menjadi hal yang  perlu dipertimbangkan. Pemilihan warna kantor mulai dari cat dinding, furnitur, dekorasi akan mempengaruhi produktivitas dan antusiasme setiap karyawan yang bekerja di dalam ruang kantor tersebut. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Warna yang mempengaruhi desain interior kantor
[Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Ingin menerapkan warna untuk meredakan stres dan meringankan beban atau tekanan bekerja? Anda dapat berkonsultasi gratis dengan ahli kami untuk mengajukan solusi terbaik bagi kantor Anda.

Perpaduan Warna yang Mempengaruhi Desain Interior Kantor 


Warna merah merangsang emosi dan passion. Warna merah dengan oranye akan menciptakan lingkungan yang energik. Tetapi jangan gunakan berlebihan, karena merah yang terlalu banyak juga bisa memicu agresi dan stres. Sebaiknya warna merah diterapkan di ruang karyawan yang hanya sementara waktu seperti kamar mandi atau dapur, tempat ketika karyawan tidak bekerja.

Warna yang mempengaruhi desain interior kantor
Merah merangsang gairah kerja & krem [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Kuning akan menciptakan rasa bahagia. Warna ini akan menghilangkan rasa bosan dan jenuh di kantor, warna ini meningkatkan rasa percaya diri karena berhubungan dengan keceriaan. Warna kuning cocok diterapkan di furnitur kantor. namun terlalu banyak warna kuning juga bisa merusak  mood, sebaiknya imbangi dengan warna yang lebih kalem seperti kuning muda atau padu dengan biru muda.

Warna yang mempengaruhi desain interior kantor
Kuning, ceria. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Hijau dan Biru, pengasah kreativitas. Warna natural seperti biru dan hijau akan membuat rileks, hadirkan warna hijau alami dengan tanaman. warna hijau di lingkungan kantor membuat lebih kreatif sehingga kinerja yang lebih baik. Bila Anda tidak menyukai warna hijau bisa disubstitusi dengan warna biru muda yang kalem.

Warna yang mempengaruhi desain interior kantor
Hijau alami & biru rileks. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Warna pastel yang menenangkan. Warna pastel yang lembut seperti ungu muda dan peach cocok bisa untuk warna dinding kantor, efek psikologi warna ini  meredakan stres. Pastel membuat paduan warna menjadi cocok satu sama lainnya karena terdapat unsur putih walau ada warna kontras.

Warna yang mempengaruhi desain interior kantor
Paduan warna pastel. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor] 

 Atur komposisi warna yang seimbang dalam suatu ruangan, terlalu banyak kontras membuat mata lelah. Permainan warna gelap & terang membuat suasana kantor jauh lebih menarik asal tidak berlebihan. Warna yang tepat untuk dinding suatu ruang maupun alat-alat kerja akan menimbulkan efek psikologis, pilih warna untuk kenyamanan, kegembiraan dan ketenangan bekerja karyawan serta meningkatan produktivitas. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]


Warna dan Efek Psikologis

  • Putih. Dingin. Ketenangan
  • Biru. Sejuk. Keleluasaan, ketentraman
  • Hijau. Netral. Menyenangkan
  • Merah. Panas. Merangsang kerja tetapi bisa mengganggu
  • Oranye. Sangat hangat. Merangsang energi
  • Kuning. Hangat. gembira, melenyapkan perasaan tertekan
  • Coklat. Netral. Warna alamiah
  • Ungu. Dingin. Pemikir, visioner
  • Hitam. Panas. Stabilitas & kekuatan
Warna yang mempengaruhi desain interior kantor
Efek psikologis warna untuk resepsionis. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Efek psikologis warna terbentuk ketika seseorang melihat sebuah warna. Warna memberikan dampak terhadap emosi dan mood karyawan saat bekerja dan mempengaruhi aspek penampilan visual suatu ruangan kantor. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Pengaruh Warna Terhadap Pemasaran


Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa dalam pemasaran warna akan mempengaruhi penilaian konsumen terhadap suatu produk hingga 90%. Selain itu, diketahui pula terdapat hubungan antara merek dan pemilihan warna yang sesuai manfaat dari produk itu sendiri.

Merah
Warna merah membangkitkan nafsu makan, juga bisa membangkitkan mood untuk cepat bergerak, karena alasan ini merah merupakan warna favorit logo dan interior restoran cepat saji. Warna merah ini membangkitkan selera makan pelanggan, juga mendorong untuk cepat menghabiskan makanan serta segera meninggalkan tempat.

Ungu
Ungu menghadirkan kesan mewah, bijaksana, respect. Warna ungu sering digunakan untuk memasarkan produk kecantikan atau produk anti penuaan. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Biru
Warna biru ini memberikan kesan aman dan terpercaya. Perusahaan keuangan banyak yang mengaplikasikan warna biru di logo dan kantor mereka, Bank Mandiri dan BCA menggunakan warna biru. Begitu juga perusahaan dibidang IT seperti Microsoft & Facebook.

Merah muda
Warna merah muda sering digunakan sebagai kemasan atau konsep pemasaran untuk produk dengan target remaja putri. Hal ini karena warna merah muda diasosiasikan untuk cinta, kenaifan, feminin dan semangat.

Hijau
Warna hijau ini diasosiasikan untuk bidang kesehatan, ketenangan dan alam. Produk-produk yang mengedepankan konsep kesehatan seperti rumah sakit dan bahan alami umumnya menggunakan warna hijau dalam pemasaran.

Kuning dan oranye
Kedua warna ini memberikan antusiasme. Oranye dan kuning juga termasuk warna yang mencolok. Umumnya warna ini digunakan untuk menarik pembeli impulsif dan window shopper. Tenant diskon di mall atau booth produk-produk di tempat umum akan lebih mudah menarik perhatian jika  mengaplikasikan warna-warna ini.

Hitam
Warna hitam menampilkan kesan otoritas, kekuatan, perlindungan dan stabilitas. Produk alat-alat olah raga dan alat musik sering dipasarkan menggunakan warna ini. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Pengaturan Warna


Warna adalah faktor penting untuk efisiensi kerja karyawan Anda. Warna mempunyai pengaruh yang besar terhadap efek psikologis karyawan. Warna akan menimbulkan perasaan gembira, tertekan, berani dan lain-lain. Selain mempengaruhi perasaan, warna juga mempunyai pengaruh yang besar untuk penerangan kantor Anda. Warna-warna terang akan menambah intensitas penerangan kantor Anda. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Warna yang mempengaruhi desain interior kantor
Warna terang memantulkan cahaya. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Pelajari di panduan renovasi kantor, bagaimana:
  • Pengaturan warna yang baik untuk kantor Anda.
  • Pengaruh warna terhadap psikologi karyawan.
  • Faktor pertimbangan untuk memilih warna kantor Anda.
  • Prinsip-prinsip yang mendasari pemilihan warna.

Nama:


Email:



Warna yang mempengaruhi desain interior kantor
Perpaduan warna di ruang kantor. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]


Kami adalah sebuah usaha jasa rancang bangun interior dengan lebih dari 20 tahun
pengalaman untuk melayani kebutuhan & kepuasan rancang bangun Anda.

Hubungi 085103-889537

Kami pun bukan hanya sekedar usaha jasa rancang bangun interior
tetapi kami adalah penata gaya hidup modern Anda. 


Warna yang mempengaruhi desain interior kantor
Warna-warni peralatan kantor yang menarik perhatian. [Warna yang mempengaruhi desain interior kantor]

Referensi bacaan