Desain Interior Kantor Minimalis. Ada banyak jenis bangunan berdasarkan fungsinya. Salah satu jenis bangunan yang penting dalam kehidupan sehari-hari adalah kantor. Kantor adalah sebuah bangunan yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap harinya, seperti transaksi jual beli, transaksi sewa menyewa, transaksi penyedia jasa dengan pelanggannya, kegiatan studio, dan kegiatan kerja lainnya, sehingga kantor adalah bangunan yang harus produktif dari segi ekonomi.

Jika ditinjau dari segi desain, sebuah kantor merupakan ruang kerja yang harus mampu menampilkan kesan yang menarik. Desain interior kantor itu perlu walaupun fungsi kantor juga penting karena menyangkut kegiatan - kegiatan yang melibatkan banyak pihak. Sehingga kantor perlu rencanakan dan ditata agar semua aktivitas nyaman di tempat tersebut.

Hal ini berguna secara internal yaitu untuk menciptakan ruang kerja bagi para karyawan sehingga produktivitas mereka akan maksimal. Juga mendukung secara eksternal yaitu kenyamanan bagi para pelanggan atau custumer kantor.

Kali ini kami menampilkan suatu studi kasus sebuah kantor dengan desain yang unik dan menarik dari sisi interiornya, yaitu Kantor Selgas Cano. Kantor Selgas Cano merupakan sebuah kantor jasa arsitektur yang berada di Madrid, Spanyol. Bangunan ini didesain oleh Jose Selgas dan Lucia Cano. Kantor ini menggunakan lahan berupa hutan sebagai lahan terbaik untuk perkantoran.



Dari segi eksteriornya, bangunan kantor memang terlihat unik dengan paduan material modern kaca. Dinding dan atap dari material kaca yang membentuk sudut lengkung. Karyawan yang bekerja di ruangan dengan material kaca ini akan merasakan rumput dan pepohonan di alam sekitarnya sehingga memberikan atmosfir yang alami. Bangunan ini juga unik karena mengunakan material yang transparan untuk dinding dan sebagian atapnya.

Desain interior kantor minimalis pada ruang kerja kantor arsitektur Selgas Cano dapat dirasakan dominasinya. Berikut beberapa analisis dari elemen pembentuk ruang kantor tersebut. Faktor-faktor elemen pembentuk ruang diuraikan sebagai berikut.

Lantai
Lantai merupakan merupakan elemen pembentuk ruang dalam sebuah bangunan. Lantai dari Kantor Selgas Cano ini berupa lantai yang polos. Lantai tersebut menggunakan warna yang terang, yaitu putih dan kuning. Masing-masingnya mengambil setengah bagian dari proporsi lantai yang memanjang. Lantainya mengikuti bentuk bangunan yang juga memanjang. Lantai tersebut tenggelam / masuk sekitar 2 meter dari permukaan tanah, sehingga lantainya lebih rendah dari tanah yang ada di sekitarnya.



Dinding dan Plafon
Selain lantai, dinding pada Kantor Selgas Cano juga didesain dengan warna polos tetapi vibran dan menggunakan ornamen yang berfungsi untuk meletakan file, buku & alat kantor. Dinding kantor terbagi ke dalam dua bagian, pembagian dinding ini dibedakan dari material dinding. Setengah dinding menggunakan material seperti bata yang diplester & aci lalu dicat warna putih atau hijau daun. Setengahnya lagi menggunakan material kaca lengkung yang tembus cahaya (transparan) sehingga dinding tersebut juga menjadi jendela mati.

Dindingnya menyatu dengan elemen atap atau plafon. Elemen plafon pun dibedakan menjadi dua bagian. Bagian pertama merupakan bagian dag beton. Bagian lainnya adalah bagian yang tembus cahaya dan memungkinkan orang-orang yang ada di dalamnya bisa melihat lingkungan luar dan pepohonan dari dalam. Keduanya terhubung di tengah-tengah antara sisi lengkung dari material kaca maupun dag beton yang dilapisi PVC.



Furniture
Perabot yang digunakan pada Kantor Selgas Cano merupakan perabot yag sederhana dan jumlahnya tidak begitu banyak. Hanya ada furniture meja kerja untuk karyawan, lengkap dengan kursi kerja yang sederhana. Sisanya adalah rak-rak ambalan untuk penempatan dokumen dan alat kantor. Rak tersebut terbagi menjadi dua level yang sama-sama memanjang mengikuti bentuk ruang. Rak ambalan dinding putih menggunakan material papan yang dicat warna putih. Rak lainnya menggunakan material yang transparan dan berada di sisi lantai yang berwarna hijau pupus daun.

Warna
Pemilihan warna dari interior kantor Selgas Cano hanya didominasi oleh dua warna, yaitu putih dan hijau pupus daun. Warna putih dan hijau pupus terbagi ke dalam batasan yang jelas, seolah-olah ruangan terbagi menjadi dua bagian yang utuh. Sisi warna putih mendominasi area kerja karyawan. Mulai dari dinding, lantai, hingga plafon semua berwarna putih. Hanya ada sentuhan beberapa warna dari dokumen dan kursi yang ada di area tersebut. Sementara itu warna hijau pupus daun mendominasi area sirkulasi, yaitu pada elemen lantai dan dindingnya.

Pencahayaan
Analisis pencahayaan dari interior Kantor Selgas Cano terbagi ke dalam dua bagian, antara lain pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Pencahayaan alami di interior kantor tersebut benar-benar mendominasi. Hal ini dikarenakan elemen setengah dari dinding dan plafon di ruang kerja karyawan menggunakan material transparan atau material tembus cahaya. Sehingga ruang yang ada di dalam kantor mengikuti keadaan ruang luar. Hal ini juga memungkinkan cahaya banyak masuk ke dalam ruang selama siang hari.

Sementara itu, pencahayaan buatan juga terdapat di dalam ruang kerja. Bentuk pencahayaan buatan di sana adalah dengan adanya lampu lampion yang bentuknya bulat seperti bola. Lampu-lampu tersebut berada di sisi dinding transparan. Selain lampu lampion berbentuk bola, ada juga lampu-lampu lainnya di sisi dinding yang lain dan akan memberikan penerangan pada ruang kerja tersebut saat cuaca gelap atau malam hari.



Detail dan Ornamen
Kantor Selgas Cano tidak menggunakan detail dan ornamentasi di sisi dinding interiornya. Hal ini bisa dilihat dari dinding bangunan yang terkesan polos, tetapi memanfaatkan warna yang vibrant, dekorasi di dinding yang sangat sederhana. Bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada ornamentasi tertentu.

 Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa interior kantor arsitektur Selgas Cano merupakan interior yang sederhana, baik dari segi ornamen, furnitur, dan elemen lainnya. Namun daya tarik utama dari kantor ini adalah warna lantai & dinding serta material plafon yang transparan sehingga memungkinkan cahaya alami masuk dengan intensitas yang besar serta memberikan pemandangan luar dengan lebih alami.

Konsep Desain Interior Kantor Minimalis

Memanfaatkan keadaan landsacape. Konsep desain interior kantor Selgas Cano berfokus pada konsep minimalis. Hal ini bisa dilihat dari segala aspek dari kantor tersebut yang benar-benar mampu menerapkan kesan modern dan juga minimalis secara sempurna. Penggunaan konsep modern minimalis merupakan konsep desain yang mudah diterima oleh banyak orang. Dimana konsep tersebut lebih berkesan simpel dan sederhana.

Konsep minimalis memang cocok untuk diterapkan dalam sebuah bangunan kantor. Mengingat kantor adalah bangunan yang akan dihuni atau dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai latar belakang, usia, dan status sosial. Pemilihan material kaca mendukung dengan adanya lahan yang menarik di sekitar kantor yang didominasi oleh pepohonan. Adanya pepohonan menampilkan kesan yang lebih alami, karena tidak bisa dipungkiri, alam sekitar tetap dibutuhkan oleh masyarakat modern sekalipun.

Desain interior
Desain interior kantor minimalis disalurkan dengan baik pada sisi interiornya. Tema desain dari interior kantor Selgas Cano bisa dilihat dari beberapa unsur pembentuk elemen dan tata ruang serta sirkulasinya.

Tata Ruang dan Sirkulasi
Ruang kerja kantor Selgas Cano adalah ruang dengan jenis linear. Ruang linear adalah ruang yang memanjang dan tidak memiliki pusat utama. Terlihat dari bentuk ruang yang memanjang tanpa memiliki hirarki yang berarti. Hal ini menjadikan konsep sirkulasi dari ruang kerja kantor Selgas Cano juga linear lurus. Area sikulasi terlihat dengan jelas dari perbedaan warna yang ada, dimana area sirkulasi seolah-olah sudah ditentukan di area lantai berwarna hijau pupus daun. Hal ini memberikan kesan yang tegas pada konsep ruang dan sirkulasinya.

Lantai
Lantai Kantor Selgas Cano dibuat lebih rendah dari tanah yang ada di luar. Hal ini membuat ruang kerja Kantor Selgas Cano terkesan lebih tersembunyi dengan aksesibilitas berupa tangga yang menurun, lantai kantor yang lebih rendah dan warna putih polos di sisi meja kerja akan mendukung ruang kerja yang lebih tenang. Hal ini akan mampu memberikan kesan psikologis untuk pekerjaan yang fokus. Lantai dengan dua warana putih dan hijau pupus daun membuat ruang interior terasa menjadi lebih semarak. Hal ini dapat menyeimbangkan kesan dingin dari ruang kantor itu.

Dinding dan Plafon
Kesan alami akan langsung terasa dari bentukan dinding dan plafon ruang kerja kantor tersebut. Dimana bentukan dinding dan plafon yang membentuk lengkungan di bagian sudutnya memberikan kesan modern yang elegan karena pada umumnya berbentuk sudut L 90 derajat. Bentukan lengkung ini juga menampilkan kesan yang lebih futuristik, sesuai dengan kaidah arsitektur modern. Material yang transparan dan permukaan dinding dan plafon yang mengkilap juga membuat kesan futuristik modern semakin terlihat, namun konsep minimalis dari elemen dinding dan plafon juga terasa. Hal ini bisa dilihat dari tekstur dinding maupun plafon yang polos dan tidak memiliki detail maupun ornamentasi apapun.

Furniture
Perabot dalam ruang interior juga dipilih sesuai konsep minimalis. Aspek pertama yang mencerminkan minimalis adalah bentuknya yang sederhana. Baik meja maupun kursi kerja yang ada di kantor tersebut tidak memiliki detail yang berarti. Hal ini sesuai dengan konsep minimalis, dimana “less is more” diterapkan dengan sempurna. Dengan artian, bentuk yang sederhana akan lebih terlihat baik.

Aspek kedua dari konsep minimalis dari segi furnitur bisa dilihat dari pemilihan warna dari perabot itu sendiri. Dimana warna dari meja maupun kursi kerja yang ada di dalamnya kebanyakan disesuaikan dengan konsep ruang itu sendiri, yaitu putih. Warna perabot yang tidak berbeda dengan dominasi warna dalam ruang mengesankan pilihan warna yang masih sesuai dengan konsep dari ruang modern minimalis tersebut.

Demikian pula dengan furnitur tambahan berupa rak dokumen serta rak penyimpanan barang lainnya, yang menggunakan minimalis sebagai konsep dasarnya. Dimana rak ambalan yang memanjang mengikuti ruangan dengan bentuk yang disesuaikan dengan konsep minimalis. Rak ambalan di sisi area sirkulasi menggunakan material yang transparan. Hal ini mengedepankan kesan modern.

Warna
Warna interior kantor Selgas Cano yang didominasi dengan warna putih dan hijau pupus daun untuk mencerminkan keceriaan dan alami. Kedua warna ini dapat mengikuti sisi eksterior dari bangunan tersebut agar terasa alami. Warna hijau pupus daun di bagian interior bangunan juga untuk menyeimbangkan kesan hening dan sunyi.

Pencahayaan
Pencahayaan alami pada Kantor Selgas Cano yang mendominasi ruangan tersebut akan semakin memperkuat konsep minimalis. Dimana konsep minimalis dalam arsitektur seringkali identik dengan bukaan-bukaan yang lebar. Tujuannya adalah untuk memperbanyak intensitas cahaya masuk ke dalam ruangan sehingga mampu membuat ruangan berkesan cerah dan lebih lapang. Konsep minimalis ini sering dijadikan alternatif penyelesaian masalah pada ruang sempit perkotaan.

Sedangkan pencahayaan buatan pada kantor ini menggunakan lampu dengan warna pencahayaan yang kekuning-kuningan. Pencahayaan dengan warna kekuningan dapat memberikan kesan yang lebih modern. Dengan intensitas cahaya lampu yang besar saat cuaca gelap atau malam hari, ruangan akan terlihat lebih mewah dan elegan. Karena cahaya kekuningan akan terkesan lebih futuristik daripada cahaya lampu putih biasa.

Bentuk dari lampu di dalam ruang kerja kantor juga mencerminkan sebuah kesan minimalis. Kesederhanaan bentuk lampu, seperti bulat atau memanjang menjadikan kesan minimalis lebih terasa.

Detail dan Ornamentasi
Tidak adanya banyak detail dan ornamentasi dari ruang interior kantor menunjukkan bahwa konsep makro modern minimalis diterapkan secara sempurna di ruang kantor Selgas Cano. Hanya ada beberapa detail yang sederhana yang bisa dilihat dari pembatas rak dokumen dan dekorasi, yaitu berupa garis-garis lurus yang melengkung.

Dari penjabaran uraian dan konsep desain di atas bisa disimpulkan bahwa konsep desain interior kantor Selgas Cano adalah konsep modern minimalis.